Hati – Hati Zona Merah Menjemput Penumpang

Perkembangan transportasi Online Grab dan Gojek begitu cepatnya,  merambah dari satu kota ke kota lain menghijaukan sudut – sudut jalanan. Sejauh ini jika kita lihat di lapangan Gojek masih menjadi penguasa Kota – Kota Besar,  sedangkan Grab mulai merambah kabupaten – kabupaten kecil,  tersebar merata di pulau jawa. 

Dalam penyebarannya transportasi online ini tidak serta merta tersebar begitu saja. hampir di setiap wilayah di Indonesia para Ojol selalu mengalami perlawanan,  penolakan dan berbagai macam kontroversi. Selalu dengan alasan yang sama Ojol membuat angkutan yang lain menjadi sepi orderan. 

Di beberapa tempat bahkan Ojek online benar-benar di tolak oleh dinas perhubungan karena memang selalu menjadi akar permasalahan konflik di jalan raya.  lalu bagaiman kota – kota lain yang sudah terlanjur di masuki Ojek online, mengapa mereka bisa menerimanya….????. 

“Ojol Bagaikan Pisau Bermata Dua” 

Kenapa di beberapa tempat ojol akhirmya di terima..???,  ya karena ojol sudah seperti wabah penyakit menular,  hanya dalam hitungan bulan mereka berhasil menjangkit ratusan orang untuk menjadi mitra Ojek Online,  akhirnya yang terjadi adalah kebimbangan pemerintah setempat yang sebenarnya terbantu karena bisa mengurangi jumlah pengangguran yang ada. 

Jika Ojol sudah mewabah di suatu kota, kemudian langkah yang di ambil oleh pemerintah setempat adalah membuat batas – batas wilayah orderan antara Ojek Online dengan angkutan umum lainnya, hal ini sering di sebut dengan penetapan zona merah penjemputan.

Zona merah penjemputan di setiap kota sebenarnya hampir sama, zona merah ini meliputi,  terminal kota setempat, pasar tradisional daerah,daerah stasiun, daerah bandara dan wilayah pangkalan Ojek dan Angkot. Daerah daerah yang di sebutkan itu biasanya dari dulu sudah di jadikan lahan oleh angkutan umum untuk mencari orderan,  sehingga apabila kita mengambil di daerah tersebut sama saja kita merebut mangsa di wilayah mereka. 

Sebagai Ojek online yang baik kita harus mematuhi pembatasan zona ini, untuk menjaga keamanan dan kelangsungan kita mencari nafkah,  jangan sampai kita menjadi pemicu yang bisa berdampak luas ke teman ojek online yang lainnya. 

sepatah dua patah kata

%d blogger menyukai ini: