Kosakata Baru Dunia Ojol

Ojek Online muncul bagaikan jenis suku baru di Indonesia,  jumlahnya luar biasa,  jutaan mitra tersebar di berbagai wilayah di Indonesia,  semakin maju jaman sebenarnya di Indonesia tidak hanya ada 2 Ojek online yang mengaspal, ada jenis ojol lain di Jakarta seperti jager taxy, golek, anterin, topjek, projek dll.l,  namun jenis ojol yg lain hanya mengaspal di DKI saja belum bisa seluas Grab dan Gojek. 

Jumlah Ojol yang begitu banyak sudah pasti menimbulkan inisiatif untuk membentuk Grup, komunitas, ataupun paguyuban, berawal dari kebiasaan nongkrong bareng mencari orderan, timbulah koordinasi dan tenggang rasa. Selain pembentukan komunitas tidak lupa juga pasti akan muncul kosa kata kosa kata baru dalam dunia per Ojolan, karena itu merupakan sebuah ciri khas rakyat Indonesia.

Arti Setiap Kata dan Kode para Ojol

Dalam aktivitas per-Ojekan, terkadang kami menggunakan berbagai macam istilah untuk komunikasi dan koordinasi antar Ojol di berbagai wilayah atau sekedar untuk canda tawa mencairkan suasana di saat menunggu orderan datang, saya akan mengenalkan beberapa kata yang biasa kami pakai pada saat ngebid bareng.

  • Ngebid : kata ini adalah pengganti kata Ngojek, atau bisa di bilang istilah kerennya on mencari orderan.
  • Gacor : gacor adalah kata yyang kami pakai, untuk memberikan informasi apabila suatu wilayah ramai orderan.
  • Thotol : kata ini di pergunakan untuk mengejek sesama teman driver, apabila ada driver baru mampir ke sebuah Pos dan langsung mendapatkan orderan, melewati teman Ojol yang lain yang sudah menunggu orderan lama di Pos tersebut.
  • Mlipir : di ambil dari bahasa jawa, mlipir artinya ” keliling “, artinya di sini kami mencoba peruntungan orderan dengan mencarinya sembari lalu lalang di suatu wilayah kota.
  • Anyeb / Diem diem wae : artinya dalam satu hari salah satu akun kami susah sekali mendapatkan orderan.
  • Nyegat / menghadang : di pakai bila ada salah satu driver menyalahi aturan dengan menghadang driver lain tanpa mau berkumpul dalam satu pos, keegoisan untuk mendapatkan orderan tanpa memperhatikan driver lainyang sudah lama menunggu.
  • Offbid : artinya berhenti mencari orderan.
  • Tupo : tutup point dalam setiap kita menjalankan orderan ada beberapa point aman yang harus di lewati agar mendapatkan insentif.
  • Rolling : sederhana sebenarnya semua sudah tau, artinya bergantian dalam mengisi pos.
  • Pantau : artinya driver meminta pengawasan kepada driver lain apa bila salah satu driver mrndapatkan orderan yang jauh atau pada waktu malam hari, untuk menghindari hal hal yang tidak di inginkan.

Mungkin hanya beberapa istilah tersebut yang kami pakai untuk melancarkan koordinasi pada saat Ngebid, beberapa istilah lain akan saya tambahkan pada artikel-artikel berikutnya beserta artinya. Salam Satu Aspal.

sepatah dua patah kata

%d blogger menyukai ini: